Wednesday, June 3, 2009

PENGANTAR

Blog ini memberikan informasi soal-soal CPNS,,
Bagi yang mau ikut test CPNS, dalam blog ini ada sedikit soal -soal CPNS sebagai prediksi atau pertinjauan untuk pembelajaran,,

Untuk lebih lengkapnya untuk soal-soal CPNS dan pembahasannya anda bisa membelinya seharga Rp. 55.000 di web ini:
http://cpnsonline.com/?id=nanda_minmin


BAHASA INDONESIA

PETUNJUK UMUM:

1. Dahulukan menulis nama dan nomor peserta pada lembar jawaban.

2. Semua jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang tersedia.

3. Baca dengan teliti setiap soal sebelum anda menjawabnya.

4. Dahulukan menjawab soal-soal yang anda anggap mudah.

5. Bekerjalah dengan cermat

6. Selamat Bekerja!

PETUNJUK KHUSUS:

Silanglah salah satu huruf di depan jawaban yang paling tepat!

1. Berbagai suku bangsa yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan satu bahasa yang dapat dipahami bersama yaitu bahasa Indonesia, tanpa menghilangkan identitas kesukuan dan kesetiaannya pada nilai-nilai sosial budaya serta bahasa daerahnya.

Pernyataan di atas menyatakan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Lambang kebanggaan kebangsaan

B. Lambang identitas nasional

C. Alat pemersatu berbagai suku bangsa

D. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya

JAWABAN: C

2. Di samping bendera dan Negara Indonesia yang kita junjung tinggi sebagai bagian dari identitas RI, bahasa Indonesia pun merupakan unsure identitas bangsa yang harus dijunjung tinggi pula.

Pernyataan di atas menyatakan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Lambang kebanggaan kebangsaan

B. Lambang identitas nasional

C. Alat pemersatu berbagai suku bangsa

D. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya

JAWABAN: B

3. Pada upacara-upacara resmi seperti memperingati hari ulang tahun kemerdekaan, Pembina upacara berpidati dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Pernyataan di atas menunjukan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Bahasa resmi kenegaraan

B. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan

C. Alat kepentingan pembangunan nasional

D. Alat pengembangan kebudayaan

JAWABAN: A

4. Yang dimaksud dengan kegiatan surat-menyurat, yaitu…

A. Kegiatan berkomunikasi dengan alat surat

B. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telegram

C. Kegiatan berkomunikasi dengan alat faksimile

D. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telepon

JAWABAN: A

5. Penyajian buku pelajaran, penulisan buku atau penerjemahan, dilakukan dalam bahasa Indonesia.

Pernyataan di atas menunjukan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Bahasa resmi kenegaraan

B. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan

C. Alat kepentingan pembangunan nasional

D. Alat pengembangan kebudayaan

JAWABAN: D

6. Semua pernyataan di bawah ini merupakan fungsi surat, kecuali…

Pernyataan di atas menunjukan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Alat/sarana komunikasi tertulis

B. Bukti tertulis yang mempunyai kekuatan hukum

C. Bukti historis

D. Duta masyarakat

JAWABAN: D

7. Akta jual beli, surat wasiat, surat perjanjian, dsb, menduduki fungsi-fungsi sebagai berikut, kecuali…

Pernyataan di atas menunjukan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Bukti sarana komunikasi tertulis

B. Bukti tertulis yang mempunyai hukum tetap

C. Bukti histori

D. Bukti pedoman kerja lembaga

JAWABAN: D

8. Isi surat harus dinyatakan secara ringkas, jelas dan eksplisit, agar…

Pernyataan di atas menunjukan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Penerima dapat memahami isinya dengan tepat dan cepat

B. Penerima tertarik dengan surat tersebut

C. Penerima ingin cepat membalasnya

D. Penerima merasa senang

JAWABAN: A

9. Yang dimaksud dengan eksplisit pada pernyataan nomor 8, ialah…

A. Tidak tercantum tetapi jelas maksudnya

B. Tercantum dan jelas maksudnya

C. Tercantum tetapi tidak jelas maksudnya

D. Tidak tercantum dan tidak jelas maksudnya

JAWABAN: B

10. Bahasa Indonesia yang baku tidak digunakan dalam

A. Surat resmi

B. Surat keputusan

C. Surat pribadi

D. Surat lamaran kerja

JAWABAN: C

FALSAFAH DAN IDEOLOGI

1. Secaraetimologis, filsafat berasal dari kata philein dan sophos. Perpaduan kata tersebut mengandung arti…

A. Cintai ilmu pengetahuan

B. Teman dari kebijakan

C. Kumpulan orang bijaksana

D. Pemikiran yang selalu menginginkan kebijakan

JAWABAN: A

2. Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan…

A. Keyakinan yang memiliki kebenaran

B. Sikap mental, tingkah laku, dan amal

C. Penunjuk, penuntun, dan pegangan sikap

D. Pandangan hidup

JAWABAN: A

3. Pancasila dikatakan sebagai suatu system filsafat bila…

A. sila-sila pancasila itu harus kita lihat sebagai satu rangkaian kesatuan

B. harus kita pahami sebagai totalitas

C. susunan dan bentuknya hirearkhis piramidal

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D

4. Nilai-nilai terkandung dalam Pancasila, menurut Prof. Notonagoro dapat dibagi menjadi…

A. Nilai materiil

B. Nilai vital

C. Nilai kerohanian

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D

5. Menurut Prof. Notonagoro, apa yang dimaksud dengan nilai vital…

A. Segala sesuatau yang benar-benar penting bagi manusia

B. Segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan dan aktivitas

C. Segala sesuatu yang dapat menyebabkan hal yang genting bila tidak terpenuhi

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: B

6. Berkenaan dengan Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia, maka terdapat beberapa teori di Negara lain yang dapat menjelaskan perbedaan yang mencolok terhadap ideology suatu Negara. Falsafah Negara-negara Eropa Barat dan Amerika cenderung menganut paham individualistic yang dikemukakan oleh…

A. Thomas Hobbes

B. Marx

C. Spinoza

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: A

7. Secara etimologi, ideology berasal dari bahasa Yunani idein yang berarti…

A. melihat

B. Ide

C. Ajaran

D. Ideal

JAWABAN: A

8. Sedangkan logika berarti…

A. melihat

B. Ide

C. Ajaran

D. Ideal

JAWABAN: C

9. Secara harifah, ideology diartikan…

A. Ilmu tentang idea

B. Ilmu tentang cita-cita

C. Ilmu tentang gagasan atau buah pikiran

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D

10. Secara ilmiah popular, Pancasila dapat dikaji, sebab syarat-syarat ilmiah teksnya dimiliki oleh Pancasila, sebagaimana tercantum di bawah ini, kecuali…

A. Objek

B. Metode

C. System

D. Empirisme

JAWABAN: B

BAHASA INGGRIS

1. The increase in the sales of new cars …… Expected to make traffic jams worse.

A. Is

B. Are

C. Be

D. Being

JAWABAN: A

2. Little children are usually afraid of …… by their mother.

A. Left

B. To leave

C. Leaving

D. Been left

JAWABAN: C

3. “When did you reakize you had lost your purse” “When I ….., one to pay the conductor”

A. Was needing

B. Had needed

C. Have needing

D. Am needeng

JAWABAN: B

4. ‘Why didn’t Didi wan to go home?’ ‘His mother …… him for causing the car accident’

A. would blame

B. has blamed

C. is blaming

D. had blamed

JAWABAN: D

5. The way professor Mattis teaches English not only keeps the student interest……

A. And also increases their motivation

B. But also increasing their motivation

C. And he also increases their motivation

D. But also increases their motivation

JAWABAN: D

6. The thief …… into the room through this window because there are footprint near the door.

A. Was to get

B. My get

C. Would rather get

D. Must have got

JAWABAN: D

7. He told me a lot about the Philippines. He …… there for a long time.

A. Must have lived

B. Might be living

C. Ought to have lived

D. Should be living

JAWABAN: A

8. Your son will be operated on tomorrow morning. He …… have agood rest to night the doctor said.

A. Might

B. May

C. Can

D. Must

JAWABAN: D

9. Having given the prescription to the patient……

A. The medicine was taken regularly by the patient

B. The doctor told the patient to take the medicine regulary

C. The medicine had to be taken regularlry by the patient

D. The patient was told to take the medicine regularly

JAWABAN: B

10. …… A few million rupiahs, he went on a four to Europe.

A. Saved

B. Has saved

C. He has saved

D. Having saved

JAWABAN: D

KEBIJAKAN PEMERINTAH

1. Kurikulum sekolah selain yang berlaku secara nasional terdapat pula kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan dan kondisi daerah yang disebut dengan…

A. Kurikulum daerah

B. Kurikulum terpadu

C. Unsure daerah

D. Muatan local

JAWABAN: D

2. Badan Pertimbangan Pndidikan Nasional (BPPN) dibentuk dan anggotanya diangkat oleh Presiden sebagai perwujudan…

A. Lembaga pembantu Presiden dalam pembangunan bidang pendidikan

B. Pengawasan pemerintah dalam pengendalian mutu pendidikan

C. Lembaga non pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan

D. Institusi non departemental dalam perumusan kebijakan pendidikan

JAWABAN: A

3. Penyelenggaraan EBTANAS pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA memberi kontribusi positif kepada pembangunan sector pendidikan terutama dalam…

A. Upaya pengendalian mutu pendidikan

B. Meningkatkan angka partisipasi pendidikan

C. Mengrangi biaya operasional pendidikan

D. Memeratakan tenaga dan sarana kependidikan

JAWABAN: A

4. Berikut ini bentuk-bentuk perguruan tinggi menurut Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kecuali…

A. Akademi

B. Politeknik

C. Sekolah tinggi

D. Diploma 1

JAWABAN: D

5. Berikut ini nilai-nilai positif dari upaya Pemerintah untuk memberi otonomi yang lebih luas kepada perguruan tinggi negeri terutama untuk…

A. Melepaskan beban pepemrintah dalam pendanaan operasional

B. Memacu pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran rakyat

C. Memacu perkembangan perguruan tinggi yang bersangkutan

D. Meningkatkan peran swasta dalam penyelenggaraan pendidikan

JAWABAN: C

6. Pelaksanaan program pendidikan Paket A dan Paket B terutama dimaksudkan dalam rangka…

A. Mendukung program wajib belajar 9 tahun

B. Meningkatkan kecerdasan masyarakat

C. Memberikan bekal keterampilan

D. Memberantas buta pengetahuan dasar

JAWABAN: D

7. Program Kapal Pemuda ASEAN dan Jepang bermanfaat dalam hal-hal berikut, kecuali…

A. Meningkatkan rasa persaudaraan

B. Menumbuhkan saling pengertian

C. Pertukaran nilai-nilai budaya positif

D. Penghapusan batas-batas budaya

JAWABAN: D

8. Kedudukan budaya daerah dalam rangka pembinaan kebudayaan nasional adalah sebagai…

A. Pelengkap

B. Pendamping

C. Penunjang

D. Unsur

JAWABAN: D

9. Menteri-menteri lingkungan hidup dari Negara-negara anggota ASEAN dewasa ini menggalang kerjasama dan memberi perhatian serius dalam mengatasi bersama, yakni…

A. Polusi tanah karena limbah plastik

B. Larangan pemanfaatan kayu tropis

C. Kesadaran rakyat tentang lingkungan

D. Masalah asap dan kebakaran hutan

JAWABAN: C

10. Pemindahan penduduk dari satu pulau ke pulau yang lain, yang dikenal dengan program transmigrasi, akan lebih efektif apabila dilakukan dengan…

A. Peningkatan sarana social

B. Penyediaan lapangan kerja

C. Perumahan yang memadai

D. Pemerataan lapangan kerja

JAWABAN: D

SEJARAH NASIONAL INDONESIA

1. Tanam paksa yang diterapkan pemerintah colonial Belanda pada abad ke-19 di Indonesia merupakan perwujudan dari…

A. Dehumanisasi masyarakat Jawa

B. Bekerjasama dengan Belanda

C. Kesombongan Belanda

D. Pola perdagangan VOC

JAWABAN: A

2. Penyebab utama terjadinya Perang Paderi 1821-1837 di Sumatera Barat ialah…

A. Persoalan warisan

B. Sengketa tanah

C. Keyakinan beragama

D. Persoalan adat

JAWABAN: D

3. Akar konflik yang melibatkan Negara-negara besar pada Perang Aceh 1873-1904 adalah…

A. Politik-budaya

B. Politik-sosial

C. Social-ekonomi

D. Social-budaya

JAWABAN: D

4. Loyalitas tertinggi setiap orang yang diberikan kepada Negara merupakan pencerminan dari ideology yang dinamakan…

A. Otoriterisme

B. Sosialisme

C. Marxisme

D. Nasionalisme

JAWABAN: D

5. Perjuangan pergerakan Budi Utomo dimaksudkan dalam rangka mewujudkan…

A. Cita-cita kebangsaan

B. Cita-cita kaum intelektual

C. Penghapusan kebodohan

D. Penghapusan feodalisme

JAWABAN: A

6. Perjuangan Serikat Islam merupakan pergerakan…

A. Agama

B. Dagang

C. Social

D. Nasional

JAWABAN: A

7. Piagam Jakarta yang mempunyai arti penting bagi sejarah konstitusi Negara Republik Indonesia, setelah mengalami perubahan dijadikan pembuatan Undand-undang Dasar 1945. kebolehan elit politik Islam ini berkaitan hal-hal berikut, kecuali…

A. Semangat juang yang kurang

B. Semangat toleransi yang berlebihan

C. Semangat kebangsaan yang keliru

D. Persepsi yang berbeda terhadap hakikat Islam

JAWABAN: D

8. Proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 dilaksanakan atas dasar…

A. Hadiah Jepang

B. Kesepakatan sekutu tentang Indonesia

C. Realisasi Sumpah Pemuda 1928

D. Kebulatan tekad founding fathers

JAWABAN: D

9. Perjanjian Renvile, Perjanjian Linggarjati, dan Konferensi Meja Bundar, merupakan hasil…

A. Kemenangan politik Indonesia

B. Gancatan senjata

C. Perjuangan diplomasi

D. Kemenangan peperangan Indonesia

JAWABAN: C

10. Untuk mempertahankan penjajahnya di Indonesia, Belanda melakukan dua kali gerakan yang dihadapi Indonesia melalui…

A. Abitrasi Negara ketiga

B. Gancatan senjata

C. Perundingan antar bangsa

D. Perjuangan diplomasi

JAWABAN: A

TATA NEGARA

1. Negara Indonesia berdasar atas Hukum (Rechtsstaat), tidak berdasar atas…

A. Kekuasaan belaka

B. Lembaga Negara

C. Kedaulatan rakyat

D. Majelis Permusyawaratan Rakyat

JAWABAN: A

2. Pemerintah berdasar atas system konstitusi (hukum dasar), tidak bersifat Absolutisme. Apa yang dimaksud dengan absolutisme…

A. Kekuasaan yang terbatas

B. Kekuasaan yang sangat terbatas

C. Kekuasaan yang tidak tak terbatas

D. Kekuasaan yang tidak terbatas

JAWABAN: D

3. Presiden ialah penyelenggara pemerintah Negara yang tertinggi di bawahnya…

A. Ketua MPR

B. Ketua DPR

C. MPR

D. DPR

JAWABAN: C

4. Presiden ialah penyelenggara pemerintah Negara yang tertinggi, sehingga menjalankan roda pemerintahan dengan cara consentration of power and responsibility upon the President. Apa yang dimaksud dengan istilah di atas…

A. Pemusatan kekuasaan dan tanggungjawab oleh Presiden

B. Kekuasaan Presiden tidak terbatas

C. Presiden memiliki kekuasaan dan tanggungjawab yang lebih tinggi dari lembaga tinggi Negara lainnya

D. Dalam menjalankan pemerintahan Negara kekuasaan dan tanggungjawab adalah di tangan Presiden

JAWABAN: D

5. Meskipun Kepala Negara tidak bertanggungjawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat, ia bukan “dictator”. Pernyataan ini artinya…

A. Kekuasaan terbatas

B. Kekuasaan tidak terbatas

C. Kekuasaan tidak tak terbatas

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: C

6. Presiden ialah Kepala kekuasaan executive dalam Negara. Untuk itu Presiden memiliki pouvoir reglementair. Apa maksudnya…

A. Kekuasaan untuk menetapkan peraturan pemerintah

B. Kekuasaan untuk menjalankan undang-undang

C. Kekuasaan untuk menetapkan undang-undang

D. Semua jawaban salah

JAWABAN: A

7. Kekuasaan Kehakiman ialah kekuasaan yang merdeka artinya…

A. Terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah

B. Tidak bertanggungjawab kepada Presiden

C. Ditetapkan oleh DPR

D. Ditetapkan oleh MPR

JAWABAN: A

8. Prof. L.J Van Apeldoom menyatakan bahwa dalam istilah Negara terkandung berbagai pengertian, antara lain penguasa, yang menyatakan…

A. Organisasi yang mengelola segala kekayaan alam dalam wilayah Negara

B. Lembaga yang memiliki kewenangan tertinggi dalam penyelenggaraan Negara

C. Orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persetujuan rakyat

D. Lembaga-lembaga yang melaksanakan kekuasaan pemerintahan dalam arti luas

JAWABAN: D

9. Bentuk Negara monarki konstitusional lahir dari perjanjian masyarakat berdasarkan pikiran yang dilontarkan…

A. Aristoteles

B. Thomas Hobbes

C. J.J. Rousseau

D. John Locke

JAWABAN: D

10. Rakyat sebagai salah satu unsure dari Negara pada hakikatnya adalah…

A. Sekumpulan manusia yang hidup dalam wilayah suatu Negara

B. Orang-orang yang menerima nilai-nilai budaya dan falsafah Negara

C. Sekumpulan orang yang menurut hukum menjadi warga Negara

D. Penduduk asli yang secara turun termurun hidup dalam Negara

JAWABAN: C

TEST BAKAT SKOLASTIK

1. ½ + 4X = 10, maka X =

A. -9/8

B. 5/2

C. 11/2

D. -19/4

E. 19/8

JAWABAN: E

2. Yang manakah pecahan di bawah ini yang lebih besar dari 1/3 ?

A. 27/82

B. 20/61

C. 23/100

D. 16/45

E. 51/154

JAWABAN: D